Jumat, 19 September 2014

Artikel Tentang Media Massa


Artikel
Media Massa
            Media massa (mars media) singkatan dari media komunikasi massa (mass communication media) yaitu sarana, channel, atau media untuk berkomunikasi kepada public. Istilah media sering disingkat “media” saja tanpa “massa”. Media massa merupakan suatu sumber informasi, hiburan, dan sarana promosi (iklan). Pengertian media massa menurut leksikon komunikasi, media massa adalah “sarana penyampai pesan yang berhubungan langsung dapat masyarakat luas misalnya radio, televise, dan surat kabar”. Menurut cangara media adalah alat atau sarana yang digunakan untuk menyampaikan pesan dari komunikator kepada khalayak, sedangkan pengertian media massa sendiri alat yang digunaka dalam penyampaian pesan dari sumber kepada khalayak dengan menggunakan alat-alat komunikasi seperti surat kabar, film, radio dan televise.Media massa adalah sarana komunikasi massa dimana proses penyampaian pesan, gagasan, atau informasi kepada orang banyak (public) secara serentak.

            Karakteristik media massa, sebuah media bisa disebut media massa jika memiliki karakteristik tertentu, karakteristik media massa menurut cangara (2006) antara lain :
1.      Bersifat melembaga, artinya pihak yang mengelola media terdiri dari banyakorang, yakni mulai dari pengumpulan, pengelola, sampai pada penyajian informasi.
2.      Bersifat satu arah, artinya komunikasi yang dilakukan kurang memungkinkan terjadinya dialog antara pengirim dan penerima. Kalau pun terjadi reaksi/umpan balik, biasanya memerlukan waktu dan tertunda.
3.      Meluas dan serempak, artinya dapat mengatasi rintangan waktu dan jarak, karena ia memiliki kecepatan. Bergerak secara luas dan simultan, dimana informasi yang disampaikan diterima oleh banyak orang dalam waktu yang sama.
4.      Memakai perantara teknis atau mekanis, seperti radio, televise, surat kabar dan semacamnya.
5.      Bersifat terbuka, artinya pesannya dapat diterima oleh siapa saja dan dimana saja tanpa mengenal batas usia, jenis kelamin, dan suku bangsa.

Menurut Djafar H. Assegaf (1991), media massa memiliki 5 ciri :
1.      Komunikasi yang terjadi dalam media massa bersifat searah dimana komunikasi tidak dapat memberikan tanggapan secara langsung kepada komunikatornya yang biasa disebut dengan tanggapan yang tertunda,
2.      Media massa menyajikan rangkaian/aneka pilihan materi yang luas bervariasi,
3.      Media massa dapat menjangkau sejumlah besar khlayak,
4.      Media massa menyajikan materi yang dapat mencapai tingkat intelek rata-rata,
5.      Media massa diselenggarakan oleh lembaga masyarakat atau organisasi yang terstruktur.
Kategori media dapat diklasifikasikan kepada 3 kategori :
1.      Media cetak contohnyai koran, buletin, majalah, dan lain sebagainya
2.      Media elektronik contonya  televisi, radio, video, film, dan lain sebagainya
3.      Media online contohnya koran online, internet dan lain sebagainya

Media massa memiliki peranan strategis guna membentuk pola pikir dan tindakan masyarakat. Dan pada era keterbukaan seperti saat ini media menjadi referensi atau acuan dalam setiap tindakan dan keputusan strategis contoh media televisi yang sering menayangkan tindak kriminal dan kekerasan secara tidak langsung telah ikut mereduksi cara pandang dan tindakan masyarakat. Sehingga informasi yang diperoleh mendorong individu (penonton) untuk meniru adegan atau tindakan yang ada di TV. Akibatnya tayangan kekerasan di TV, kekerasan ditengah masyarakat pun meningkat, masyarakat menjadi kecanduan terhadap kekerasan yang dilihat dalam penanyangan televisi, semisal penanyangan acara smackdown di televisi diyakini telah menyebabkan penyimpangan perilaku anak-anak dalam beberapa kasus, banyak anak-anak yang meniru adegan tersebut, sehingga banyak mengakibatkan anak-anak yang tewas akibat meniru adegan di televisi tersebut Dampak positif dari adanya televisi ialah masyarakat dapat memperoleh informasi secara cepat, sehingga pesan informasi yang sama dapat diterima secara serentak dan sesaat sehingga masyarakat tidak ketinggalan berita. Jadi disarankan kepada para masyarakat agar bisa menyaring/ pandai-pandai memilah tontonan yang ditonton.
Selain dampak negatif dan dampak positif dari media televisi ada juga dampak positif dan dampak negatif dari media internet yakni facebook. Dampak negatif dari facebook adalah kita akan menghabiskan banyak waktu dan uang untuk bermain facebook sehingga pekerjaan yang lain akan dilalaikan, facebook juga akan bisa dijadikan ajak penculikan atau penipun. Dan saat ini banyak anak yang diculik melalui facebook dengan bermodalkan embel-embel cinta, sering sekali di telivisi disiarkan orang tua yang kehilangan anak akibat berkenalan difacebook yang didominasi oleh para remaja, awalnya mereka akan diajak berkenalan lalu lama kelamaan mereka akan diajak pergi jauh atau semacam diculik, mengetahui anaknya tidak kunjung pulang maka para orang tua akan kebinggungan mencari anaknya. Dampak positif dari facebook adalah kita dapat bertemu teman lama di facebook kita bisa mencekramah atau berbincang-bincang disana, kita bisa mendapat informasi dan lain sebagainya. Jadi media massa mengandung banyak sekali dampak, kita sendiri yang harus pandai-pandai dalam menggunakannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar